PROFIL SMP ISLAM TERPADU (SMPIT) AT
TAQWA
TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
A. Landasan Pemikiran
Pada dasarnya SD dan SMP merupakan satu rangkaian program
dalam lingkup
Pendidikan Dasar 9 tahun,
bukan merupakan satuan pendidikan yang “terpisah”. Sejalan dengan pemikiran
tersebut, sudah menjadi keniscayaan jika LPI At-Taqwa juga berupaya menyediakan
SMPIT sebagai kelanjutan dari jenjang SDIT yang secara integral menjadi bagian
dari pendidikan akhlak 9 tahun.
Hal ini juga sejalan dengan kebutuhan wali murid SDIT At-Taqwa yang sangat mengharapkan keberadaan SMPIT At-Taqwa
sebagai pendidikan berkelanjutan yang satu visi dan misi dengan pendidikan yang
ditempuh putra-putrinya di jenjang SDIT At-Taqwa.
Kebutuhan akan berdirinya SMPIT At-Taqwa sebagai bentuk implementasi
pendidikan akhlak 9 tahun dinilai sudah dalam kondisi mendesak mengingat kondisi
lingkungan sosial menunjukkan gejala yang kurang bersahabat bagi tumbuh kembang
anak-anak usia jenjang SMP. Hal itu tampak pada intensitas meningkatnya jumlah
kasus kenakalan remaja usia SMP yang sudah mengarah pada aspek kriminalitas, di
antaranya kasus kekerasan (tawuran), pemakaian narkoba, merebaknya pornografi,
dll.
Beberapa pemikiran di atas mendorong Pengurus
Yayasan At-Taqwa Babatan Mukti Surabaya untuk memberi tawaran solusi dengan
mendirikan SMPIT At-Taqwa sebagai
rangkaian program Pendidikan Akhlak 9 Tahun.
B. Visi Pendidikan
Ada tiga visi yang diterapkan dan diintegrasikan dalam
seluruh proses pendidikan dan pengajaran di SMPIT At Taqwa, yakni :
1. Visi Ketaqwaan
Visi ketaqwaan merupakan dasar dan landasan utama
seluruh program, kurikulum dan aktivitas sekolah. Melalui visi ini, diharapkan siswa akan memiliki
karakteristik sbb:
a.
Jiwa Taqwa
Melalui ketaqwaan,
siswa akan mempunyai jiwa yang tangguh
dalam mengemban peran sebagai pribadi
pembuka pintu-pintu kebaikan dan mempunyai ‘immune’
terhadap pengaruh negatif lingkungan.
b.
Akhlaq
karimah
Dengan akhlaq karimah siswa diharapkan menjadi rahmatan lil ‘alamin bagi lingkungannya
dan Qurrota A’yun (penyedap mata)
bagi orang tua.
c.
Qur’ani
Siswa dibiasakan untuk menjadikan Al Qur’an dan As
Sunnah sebagai rujukan bagi seluruh aktivitas hidupnya. Hal ini tergambar pada konsepsi spiritual paradigm, yakni proses pembelajaran dan proses pendidikan dikaitkan dengan spirit Al-Qur’an dan As-Sunnah.
2. Visi Nasionalisme
Melalui visi nasionalisme,
siswa akan didorong untuk mengambil tanggung jawab sebagai masyarakat Indonesia
dalam kerangka menjaga, mengelola, dan memberdayakan aneka anugerah Allah yang
tersebar di negeri ini dengan sebaik-baiknya.
3. Visi Global
Melalui visi global, siswa
didorong untuk mempunyai awareness tidak hanya sebagai Indonesian citizens, tetapi juga sebagai World’s
citizens.
C. Tujuan dan Target Pendidikan dan Pengajaran
Secara umum
tujuan dan target pendidikan dan pengajaran SMPIT At-Taqwa adalah mendidik anak didik agar mempunyai :
a.
Akidah yang kokoh
b.
Akhlaq
yang karimah
c.
Prestasi
akademis optimal
d.
Wawasan/perspektif Internasional
D.
Sistem Pendidikan
SMPIT
At-Taqwa mengembangkan sistem pendidikan berperspektif internasional melalui
pendekatan VISI SEMESTA Education System yang didesain untuk membantu siswa melakukan
transformasi diri melalui pengembangan karakter, ilmu pengetahuan, dan kecakapan
hidup untuk berpartisipasi aktif dan bertanggung jawab dalam peningkatan
kualitas peradaban dunia.
Adapun
pemikiran pendekatan Visi Semesta yang diterapkan untuk mengelola pembelajaran
di jenjang SMP adalah sebagai berikut:
1. Fundamental
Concept
a)
Spiritual Paradigm
: menanamkan kesadaran bahwa segala
aktivitas pembelajaran, baik vertikal maupun horizontal, merupakan upaya untuk
menjalankan tugas mulia kemanusiaan dalam kerangka memakmurkan dunia dengan
spirit keimanan.
b)
Holistic Learning
: mengembangkan seluruh potensi
kemanusiaan secara menyeluruh, meliputi aspek fisik, emosi, intelektual, dan
spiritual.
c)
Multiple Intelligences
: menanamkan kesadaran bahwa setiap
anak itu memiliki varian kecerdasaann
yang berbeda-beda. Untuk itu, siswa
didorong untuk menghargai setiap potensi yang ia miliki dengan cara
mengoptimalkan pengembangan potensi kecerdasaannya melalui aktivitas
pembelajaran di dalam maupun di luar kelas.
2. Curricular Framework : mengembangkan potensi anak mulai dari pengetahuan (knowledge), pemahaman (understanding), keterampilan (skill), hingga nilai-nilai (values) yang dicapai
3.
Web of Interaction (WoI)
Perbedaan mendasar dari sistem yang digunakan di primary year level (pre-school & SD) dan secondary level (SMP) adalah adanya Web of Interaction (WoI), yakni jejaring hubungan antarmata pelajaran yang memberi pemahaman pada siswa bahwa ilmu pengetahuan saling berkaitan dan menyeluruh.
Web
of Interaction (WoI) meliputi :
a)
Learning Strategis : membangun
kesadaran siswa untuk bertanggung jawab atas kegiatan belajarnya melalui penguasaan learning skills
b)
Environment : membangun
kesadaran siswa mengenai pentingnya lingkungan
c)
Care and Service :
membangun siswa untuk menjadi bagian aktif (positif) dalam masyarakat
d)
Social and Cultural Setting : membangun kepekaan dan tanggungjawab sosial siswa
e)
Invention : memberikan
kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi kreativitasnya serta
mempertimbangkan dampak pada masyarakat dan pemikiran orang lain dari hasil
kreativitasnya
f)
Living Together : siswa
mempunyai kesadaran akan keberadaan dirinya sebagai bagian dari masyarakat global.
4. Student Profiles
Berdasarkan pendekatan Visi Semesta, melalui sejumlah aktivitas pendidikan dan pengajaran, diharapkan siswa SMPIT At Taqwa mempunyai sebelas Student Profiles meliputi :
- Taqwa : anak diharapkan mampu menerapkan semua aturan agama dalam keseharian, tidak melakukan hal-hal yang dilarang agama
- Visionary : anak mampu memiliki niat yang benar, berorientasi ke masa depan, berprinsip, bermisi kebaikan
- Thinker : anak memiliki kemampuan untuk melatih inisiatif dalam menerapkan keterampilan berpikir (berdasarkan Al Qur’an) untuk membuat keputusan yang benar dan untuk memecahkan masalah yang kompleks dalam kehidupan yang lebih baik
- Responsibility : anak mampu bersikap jujur, ikhlas, bertanggungjawab secara personal, sosial, kultural, dan spiritual
- Tough : anak mampu memiliki daya tahan fisik dan mental secara prima serta sabar
- Independent : anak mampu bekerja secara mandiri berdasarkan konsep yang baik
- Discipline : anak mampu menghargai waktu, mengontrol diri dan mematuhi peraturan
- Creative Innovative : anak mampu menghasilkan produk dan ide-ide baru
- Communicator : anak mampu memiliki kemampuan untuk menerima serta mengekspresikan ide-ide dan informasi yang benar secara confidence dengan menggunakan lebih dari satu bahasa, termasuk bahasa simbol matematis
- Pro Active : anak memiliki kepedulian pada orang lain, cekatan, mempunyai respon positif, dan empati
- Patriotic : anak mampu menjaga, membela, dan mengelola karunia Allah dalam konteks seluas-luasnya (pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa, dan dunia) sesuai dengan nilai-nilai agama
- Kurikulum (Three ways curricullum approach)
SMPIT At Taqwa memberikan pendidikan terbaik bagi pembangunan dan perkembangan potensi usia remaja. SMPIT At Taqwa menerapkan perpaduan National Curriculum dan International Curriculum (ESOL), kurikulum khas (SMPIT At Taqwa), serta Family Curriculum melalui pelibatan orangtua dalam proses pendidikan.
1. (a) National Curriculum (Kurikulum Nasional / KTSP)
National Curriculum (Kurikulum Nasional / KTSP) ini disiapkan untuk dapat memenuhi standar pendidikan nasional.
Bidang studi pokok :
·
Mathematics
·
Indonesian (Language A-1)
·
English (Language A-2)
·
Science
·
Social Studies
·
Civic Education
Bidang studi penunjang :
·
Arts
·
Physical Studies
·
Information and Communication Technology
1. (b) International Curriculum (ESOL)
International Curriculumyang kita gunakan khusus untuk pelajaran Bahasa Inggris yaitu ESOL(English for Speakers of Other Language) yang dikeluarkan oleh University of Cambridge Esol Examinations, ini disiapkan untuk dapat memenuhi standar pendidikan internasional dengan fokus pada peningkatan kecakapan berbahasa Inggris.
2. Kurikulum Sekolah (Khas SMPIT At Taqwa)
Kurikulum khas ini disiapkan sebagai
nilai keunggulan siswa, meliputi :
a. School Curriculum
(1)
Kurikuler: Program ini
diarahkan untuk memenuhi standar nasional pendidikan dengan muatan keislaman
yang diaplikasikan dalam pembiasaan sehari-hari dan terintegrasi dalam kegiatan
pembelajaran.
·
Al Islam :
Fiqh, Tarikh, Akhlak (Character Building),
Ghirah Islam, dan Amaliah Ibadah
·
Al Qur’an
: Hafalan juz 29 atau 28 dan surat – surat pilihan
·
Arabic
(Bahasa Arab praktis)
·
Hafalan
Doa Praktis
(2)
Matrikulasi, yaitu seperangkat
program yang
dimaksudkan untuk melancarkan dan mengefektifkan seluruh program pendidikan dan
pengajaran yang diberikan pada siswa. Materi yang diberikan antara lain :
·
Keterampilan beribadah (ketakwaan)
·
Ketrampilan
belajar efektif (membaca, mencatat, dan menghafal efektif).
·
Keterampilan berpikir
·
Baca tulis
Al Qur’an.
·
Matrikulasi
diberikan pada awal tahun ajar bagi siswa baru (kelas 1) selama ± 4 bulan.
(3)
Ekstrakurikuler
(a)
Ekstrakurikuler
wajib
Ektrakurikuler wajib ini dimaksudkan untuk mengupayakan
setiap siswa-siswi SMPIT At Taqwa memiliki bekal “Life Skill” yang cukup yang
meliputi :
·
Kepanduan ( Pramuka/Leadership skills)
·
Public Speaking
(b)
Ekstrakurikuler
Pilihan
Ektrakurikuler Pilihan ini, dimaksudkan untuk memberi
keleluasaan setiap siswa-siswi memilih kegiatan yang sesuai dengan bakat dan
minat mereka sebagai ajang kreatifitas yang meliputi :
a.
KIR h.
Qori’/Qori’ah
b.
Desain i. Mathematic Club
c.
Basket j. Penulis Cilik
d.
Robotik k.
Badminton
e.
Volly ball l. Pencinta Alam
f.
Futsal m.
Fotografer
g.
Musik /
Nasyid n.
Sains Club
b. Hidden Curriculum (School Culture)
Hidden Curriculum (School Culture) berisi tentang budaya
sekolah dalam rangka membiasakan siswa untuk berperilaku sesuai Student Profiles : Taqwa, Visionary,
Thinker, Responsibility, Tough, Independent, Discipline, Creative
Innovative, Communicator, Pro Active, dan Patriotic.
3. Family Curriculum (Kurikulum Keluarga)
Family Curriculum (Kurikulum Keluarga) berisi program membangun kesadaran orangtua pada pendidikan anak-anaknya, sehingga dapat bersinergi dengan program-program yang telah dilaksanakan oleh sekolah, melalui program parenting, home visit, dan sebagainya.
F. Budaya di SMP Islam Terpadu AT-TAQWA
SMP Islam Islam AT-TAQWA menanamkan budaya – budaya yang baik pada seluruh civitas SMP. Adapun budaya – budaya yang ada adalah:
1. School Without a Bell
“Sekolah tanpa bel” itulah budaya yang ada di SMP Islam Terpadu AT-TAQWA yang bertujuan untuk melatih para siswa dan guru agar terbiasa memanage waktu dengan baik serta melatih rasa tanggung jawab dan disiplin. Untuk menandai sudah masuk waktu jam pelajaran, pihak sekolah mematikan murottal juz 29 (sesuai dengan target hafalan) yang sudah dibunyikan sejak pukul 06.30 wib. Ketika bunyi murottal dimatikan pada pukul 06.50 wib maka semua civitas SMP Islam Terpadu AT-TAQWA bergegas mengambil air wudlu dan menuju ke musholla untuk melaksanakan sholat Dhuha.
Untuk pergantian jam pelajaran juga tidak menggunakan bel. Guru dan siswa sudah terbiasa dengan pergantian jam pelajaran karena pada kegiatan LOS (layanan Orientasi Siswa) sudah disosialisasikan oleh waka Kurikulum.
2. No Bulliying
SMP Islam Terpadu AT-TAQWA sangat menghargai keberagaman dan keterbatasan siswanya baik fisik maupun mental, sehingga siswa nyaman dan aman belajar disekolah.
3. Paperless
Dalam rangka ikut andil menjaga lingkungan hidup, maka SMP Islam Terpadu AT-TAQWA menerapkan paperless pada proses kegiatan belajar mengajar (KBM) yakni dengan menggunakan sumber belajar berupa laptop.
4. Respect
Menanamkan budaya respek sejak dini pada siswa bertujuan untuk melatih rasa empati dan peduli pada diri sendiri, lingkungannya, dan orang lain.
G. Kegiatan Belajar Mengajar
1.
Prinsip
Kegiatan pembelajaran dilakukan di dalam kelas
(indoor) maupun di luar kelas (out door) agar pembelajaran lebih inovatif dan
tidak menjemukan. Adapun prinsip-prinsip yang mendasari kegiatan belajar
mengajar tersebut adalah
·
Belajar
harus dan dapat menyenangkan (learning is a must and
fun)
·
Semua anak
dapat dan akan belajar (All can and will learn)
·
Tidak ada
anak yang terhenti belajarnya (Continuous Progress)
·
Menekankan
Belajar bagaimana belajar (Learn How to Learn)
·
Pelibatan
siswa secara optimal dan proporsional dalam pembelajaran
Melalui prinsip tersebut, diharapkan terbentuk suatu “Learning Society” yang menjadikan
aktivitas belajar menjadi suatu kebutuhan,
menyenangkan, dan terus-menerus sepanjang hayat,
sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, “Tuntutlah
ilmu dari buaian sampai liang kubur”.
2. Waktu Belajar
SMP Islam Terpadu At Taqwa menerapkan konsep full day
school dengan lima hari aktif belajar di
sekolah:
Hari Aktif :
Senin - Jumat
Waktu : Pukul 7.00 - 15.30 WIB
H. Prestasi Akademis atau Non Akademis
Dalam dua dekade ini, SMP Islam Terpadu AT-TAQWA
mampu meraih beberapa prestasi baik akademis maupun non akademis:
1.
Lomba Tahfidz Qur’an juz 30 se Surabaya, Sidoarjo dan Gresik
Juara:
1 dan 2
2.
Lomba Qur’an Tartil se Surabaya, Sidoarjo dan Gresik
Juara
1
3.
Lomba Olimpiade Matematika se Jatim
Peringkat
ke 20 dari 356 peserta
4.
Lomba Karya Ilmiah se Surabaya
Peringkat
ke 4 (masuk semi final) dari 150 peserta
5.
Lomba Futsal
Peringkat
ke 4 (masuk semi final) dari 25 Club Futsal
6.
Lomba Olimpiade B.Inggris
Peringkat
ke 7 (masuk Semi Final) dari 350 peserta
I. Tenaga Kependidikan
Tenaga pendidik yang akan
digunakan adalah mereka yang memiliki kualifikasi sebagai berikut :
1.
Sarjana S1
atau S2
2.
Telah
mengikuti pelatihan 360 jam dari LPI AT-TAQWA
3.
Pengalaman
mengajar yang cukup
4.
Bersifat Murobbi
( Mendidik/Mengasuh)
J. Fasilitas Pendidikan
Fasilitas yang
akan dimiliki SMPIT At Taqwa guna menunjang Optimalisasi belajar siswa adalah
sebagai berikut :
·
Mushalla
dengan kapasitas 500 orang
·
15 ruang
kelas dengan kapasitas @ 30 orang
·
1 unit
Ruang Kepala Sekolah
·
1 unit
Ruang Wakasek dan TU
·
1 unit
Ruang Meeting
·
1 unit
Musholla
·
8 unit
Kamar Mandi
·
1 unit
Laboratorium IPA/Sains
·
1 unit
Laboratorium Matematika
·
1 unit
Laboratorium Komputer
·
1 unit
Perpustakaan
·
1 unit UKS
·
1 unit
Kantin Sekolah ( mini mart Attaqwa )
·
Lapangan Futsal
·
Lapangan Basket
·
Lapangan Bulu
Tangkis
·
Lapangan Volley
·
1 unit Ruang
AVA
·
Green
House
Tidak ada komentar:
Posting Komentar